Ribuan pelamar CPNS serbu BKPSDM Talaud

Kabid Pengadaan Donald Ambuliling turut menjadi penerima pemasukan berkas pelamar CPNS.(foto: Istimewa)

Melonguane, BLITZ--Ribuan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil, memasukan kelengkapan berkas lamarannya di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemkab Kepulauan Talaud, Senin (9/10) Siang.


Para pelamar yang datang baik dari Talaud maupun Manado, tampak memadati ruang penerimaan CPNS. Bahkan Kepala Bidang Donal Ambuliling turun langsung melakukan penerimaan dan penelitian berkas para pelamar.

Fitrisye Maatilu, salah satu pelamar untuk formasi S1 Keperawatan Ners yang hanya menyediakan 1 formasi, yang akan bersaing dengan enam pendaftar lainnya, cukup optimis mampu bersaing, gadis asal Karatung Pulau Nanusa mengatakan tidak ada kesulitan berarti selama melakukan


"Kesulitan sistem memasukan berkas secara fisik adalah harus mengantri. Tetapi sejauh ini sepanjang berkas lengkap, tidak adacmasalah berarti yang ditemui," ungkapnya.


Antrian para pelamar CPNS saat memasukkan berkas.(foto:istimewa)


Ia sedikit membandingkan pemasukan berkas secara fisik yang ditempuh Pemkab Kepulauan Talaud dengan daerah lain yang menggunakan cara meng-uploading.


"Mungkin lebih mudah kalau upload seperri yang dilaksanakan Kabupaten Sitaro dan lainnya, dibanding memasukan berkas secara fisik," ujar Fitrisye.


Dijelaskan Kepala Bidang Pengadaan BKPSDM Donald Ambulililing SSI, dari 1411 pendaftar yang sudah terdaftar secara online, yang memasukan berkas sampai Pukul 13.00.Wita sudah mencapai 974 pendaftar.


"Oleh kewenangan yang diberikan BKN, Bupati dan Sekab mengambil kebijakan bahwa berkas lamaran fisik diantar langsung, yakni ijazah transkrip, copy data forlap dikti, pas foto dan keterangan kesehatan (STR). Hal ini dilakukan karena sulitnya jaringan internet di Talaud," jelas Ambuliling.


Sementara dari 176 formasi yang disiapkan, ternyata formasi dokter ahli belum ada pendaftarnya.


"Iya memang, formasi dokter ahli belum ada pelamarnya. Kami berharap sampai penutupan pendaftaran esok (hari ini, red), diharapkan formasi ini bisa terpenuhi," tutur Ambuliling.


Melengkapi penjelasannya, Ambuliling mengatakan, penambahan waktu sampai tanggal 10 esoi (hari ini, red), diyakini cukup bagi BKPSDM melakukan registrasi ke BKN, dimana berkas yang diterima sampai tanggal 10, verifikasi akan dilakukan sampai tanggal 11 keesokan harinya.


"Dari uji coba registrasi, tenaga pelaksana refistrasi di BKPSDM sebanyak empat orang mampu capai 320 orang per hari yang mampu di registrasi," lanjutnya.


Menutup perbincangan, Ambuliling menyampaikan bahwa adanya perpanjangan waktu registrasi sampai tanggal 15 Oktober oleh BKN, untuk saat ini masih menunggu koordinasi yang dilakukan Sekretaris Kabupaten selaku Ketua Panitia Seleksi.


"Bila ada perpanjangan waktu nantinya, secepatnya akan kami informasikan ke publik sesegera mungkin," tutup Ambuliling.




Den-Dala

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.