Header Ads

Hari Ini Bawaslu Buka Penerimaan Calon Panwascam



Manado,(editorialsulut.com) - Bawaslu Kota Manado, mulai menerima pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) pemilihan wali kota, wakil wali kota, gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, hari ini 27 November 2019.

"Pendaftaran dibuka hari ini, 27 November sampai 3 Desember 2019 untuk menjaring 33 orang yang akan bertugas di 11 kecamatan," kata Ketua Pojka, Heard Runtuwene, S.Pi, M.Si, bersama Humas Taufik Bilfaqih, S.Sos.I, M.Si, di Manado.



Heard mengatakan para pelamar wajib memenuhi empat syarat yakni memiliki KTP-el Manado, lulusan SMA minimal, miniaml 25 tahun dan harus berbadan  sehat, yang dibuktikan dengan keterangan dokter atau minimal Puskesmas.

Dia menegaskan, mekanisme penerimaan calon Panwascam tersebut semuanya dilaksanakan transparan, tidak ada yang tertutup dan terbuka untuk umum asalkan memenuhi semua syarat yang ditetapkan dan bisa melalui tes wawancara dan tertulis.

Tetapi dia menegaskan, ada yang berbeda kali ini, karena ada tes tertulis yang dilaksanakan dengan sistem sokratif yang sama dengan CAT pada penerimaan CPNS, artinya tes serentak secara online di seluruh Indonesia dan dibuka langsung dari Bawaslu RI Jakarta, pada 13-17 Desember nanti berlokasi di SMA Negeri I Manado.

Heard mengatakan ada 150 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit, yang dibuat di 34 provinsi, dimana nilainya langsung dari pusat, sebab tes online dan serentak di seluruh Indonesia, dilaksanakan langsung oleh Bawasli RI, sehingga nilai wawancara dan tertulis akan diakumulasi, dan tiga nilai tertinggi dilantik oleh Bawaslu.

Dia mengatakan sedikit bocoran tes-tes tertulis antara lain, adalah wawasan kebangsaan, bagaimana tentang kepemiluan UU 10/2016 tentang pemilihan wali kota, wakil, gubernur dan wakil gubernur serta diharapkan semuanya memiliki pengetahuan umum. (dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.