Tim Penyusun Serahkan Soal Tes PPK ke KPU Manado



Manado Editorialsulut.com - Tim penyusun menyerahkan soal untuk tes CAT PPK Manado, Selasa siang di sekretariat KPU Manado.

Penyerahan disaksikan oleh Bawaslu dan Polisi dari Polres Manado, yang mendapatkan tanggalan positif dari polisi dan pengawas Pemilu. 

"Soal disusun tim yang diketuai Dr. Ferry Daud Liando dan beranggotakan Ketua Ombudsman Perwakilan Sulut, Helda Tirajoh, SH, MH dan Rektor IAIN Manado Dr. Delmus Penuri, " kata Ketua KPU Manado,  Drs. Jusuf Wowor.


Secara aturan, kata Wowor, penyusunan soal oleh pihak eksternal dibolehkan sehingga pihaknya  menghubungi akademisi, dan mereka membentuk tim tanpa da intervensi dari KPU, soalnya juga baru diserahkan dua hari sebelum tes CAT untuk calon PPK.

"Soal-soal tersebut nantinya akan diacak dalam ujian yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang dijadwalkan pada 30 Januari nanti, dan berlokasi di SMA Negeri I Manado," katanya.

Ketua tim penyusun Ferry Liando, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada KPU karena mempercayakan pihak eksternal menyusun soal, dan tidak melakukan intervensi saat mencari anggota tim penyusun. 

"Ini adalah bentuk pemahaman prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas sehingga melibatkan eksternal dalam penyusunan soal, akademisi merasa terhormat dengan tugas ini, karena yang diharapkan output yang dihasilkan adalah pemimpin yang berkualitas dan KPU yang berkompeten untuk itu," kata Liando.

Sementara baik Helda Tirajoh maupun Delmus Punari, berterima kasih karena dipercayakan menyusun soal untuk tes CAT nanti, dan sama sekali tidak saling contek karena membuat sendiri-sendiri.

Komisioner KPU, Ismail Harun, mengatakan memilih Dr. Ferry Liando, karena yakin dengan kredibilitas para akademisi tersebut, apalagi bersama dua anggota timnya,  mereka adalah simbol integritas di Manado.

Sementara pimpinan Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih, mengapresiasi langkah KPU yang menyerahkan penyusunan soal kepada eksternal dan memberikan ruang yang besar untuk berkarya, sambil tetap diawasi. (Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.