Header Ads

Festival Kolintang Minut Hebat Merangsang Mengembalikan Kejayaan di Masa Lampau

 

Salah satub peserta lomba kolintang.doto:ist)


MINUT, ESc--Antysiasme pencinta Kolintang Minahasa Utara berkumpul di Kantor Pemkab Minahasa Utara Kamis (10/6/2021).


Pasalnya, hari ini adalah pembukaan Festival Kolintang Minut hebat tahun 2021.


Tempatnya sendiri cukup berbeda, memanfaatkan lokasi yang lowong, panitia memanfaatkan Atrium Pemkab  sebagai panggung pertunjukan dan lomba.


Dibuka langsung oleh Sekda Minut Jemmy Kuhu, yang mewakili Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, tidak mengurangi makna festival budaya titipan pendahulu yang pernah berjaya hingga ke kancah nasional bahkan dunia.zuu


Ketua Panitia Festival Kolintang Minut Hebat 2021 Dr. Jane E. Sangian, S.Pd.,M.Si mengatakan melalui pegelaran festival kolintang ini, semoga bisa terus merangsang generasi muda untuk mengembalikan kejayaan alat musik tradisional kolintang yang pernah di raih di masa lalu.


"Melalui penyelenggaraan festival ini kami mencoba mengajak kahyalak untuk mengembalikan kejayaan musik kolintang," ujar Sangian.


Lanjutnya, festival dan lomba kolintang ini dibagi dalam beberapa kategori.


"Kategori SD, SMP, SMA, mahasiswa/umum, ibu-ibu/wanita diatas 25 tahun keatas. Kegiatan ini berlang selama 2 hari. Di akhir hari akan ada konser kolintang," katanya.


Untuk diketahui Hadir Pula Rektor Unima Deitje Katuuk, Wakil Ketua DPD PINKAN Jopi Rori, Kadis Pendidikan Minut Olvi Kalengkongan dan undangan lainnya. 


Diketahui juga pagelaran Festival kolintang ini adalah pertama di masa pandemi. Dan pelaksanaannya setiap peserta wajib mematuhi protokol kesehatan yang ada.





Penulis: DeWa



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.