Header Ads

Ketua Komisi lll Dekot Manado Menerima Kunjungan DPRD Gorut

 

Manado,Editorialsulut.com - DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Gorontalo, melakukan studi banding ke DPRD Manado, mencari masukan tentang pengelolaan kepariwisataan, yang diterima ketua Komisi III, Ronny Makawata, SE. 

"Kedatangan kami ke Kota Manado, dalam rangka studi komparasi tugas dan fungsi DPRD tentang pengelolaan pariwisata," kata Ketua Komisi III, DPRD Gorut, Hj.Aryati Polapa, SPd. MPd, yang di dampingi sekwan dan ibu wisye Pangemanan berserta anggota lainnya di Manado. 


Dia menjelaskan, DPRD Gorut memilih Kota Manado, karena menilai Manado sebagai kota yang lama dan maju, dengan branding pariwisata, dan saat pandemo COVID-19, ternyata juga terkena dampak wabah tersebut. 

"Jika Manado saja kena bagaimana dengan Gorut, karena itu kami menggunakan bertukar infirmasi dan sudah mendapatkan tiga benang merah yang bisa kami bawa ke Gorontalo," katanya. 


Dia menyebutkan ketiga hal penting yang didapatkan dari komisi III DPRD Manado, adalah mengintensifkan komunikasi dengan kementerian, sehingga dana-dana bisa mengucur ke daerah, lalu terus membangun komunikasi politik dengan kepala dan wakil kepala daerah yang baru serta me-revieuw anggaran yang sudah ada, untuk dibahas dalam APBD-P nantinya. 

Sementara Ketua Komisi III DPRD Manado, Ronny Makawata, menjelaskan mengenai kondisi kepariwisataan di ibukota Sulawesi Utara semenjak pandemi COVID-19 menyerang, bahwa semuanya kena dampak, terutama sektor pariwisata. 

"Dari yang tadinya hampir mencapai target satu juta wisatawan mancanegara untuk tahun 2020, turun jauh, karena penghentian penerbangan langsung internasional dari Cina yang menyebabkan banyak yang tutup sementara," katanya. 

Bahkan menurutnya, pemerintah harus membangun kembali sejumlah infrastruktur kepariwisataan, sehingga bisa tetap berfungsi saat kondisi normal dan untungnya setelah kondisi membaik perubahan juga mulai terlihat. 

Makawata mengatakan, pemerintah bersama DPRD rajin melakukan lobi-lobi ke kementerian terkait, sehingga bisa mendapatkan membuat dana mengucur ke Manado. 

"Bukan hanya itu, kami juga melakukan komunikasi politik kepada pemerintah yang baru, sehingga bisa bersama-sama menyelesaikan masalah-masalah yang ada, termasuk kepariwisataan, serta merevieuw anggaran sehingga bisa dimanfaatkan maksimal," katanya. 

Di sisi lain, Makawata menjelaskan, bahwa pemerintah juga sudah melonggarkan jam malam, sehingga usaha wisata lainnya bisa buka sampai pukul 24.00 Wita dengan tetap menerapkan prokes yang ketat. 

"Hasilnya mulai kelihatan lagi geliat perekonomian, karena usaha seperti restoran dan hotel juga mulai bisa bergeliat," katanya.(Dims)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.