Header Ads

Bupati Franky Wongkar Sambut Tim KKNK FK Unika di Minsel



MINSEL, ESC - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Bupati Franky D Wongkar (FDW) menerima audiensi dari Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang, di lantai 2 Ruang Rapat Bupati Minsel. Senin (14/03/2022)


Dalam pertemuan itu, pihak FK Unika menjelaskan bahwa pemerintah melalui kementerian kesehatan RI telah mempromosikan transformasi kesehatan Indonesia 2021-2024.


Transformasi yang dimaksud mencakup berbagai hal termasuk pusat pelayanan primer dan sekunder, respons kedaruratan, reformasi bidang pendanaan, bidang budaya dan sumber daya manusia, hingga teknologi dan sistem data.


Salah satu pilar dalam transformasi sistem kesehatan adalah transformasi SDM kesehatan, dengan meningkatkan kuantitas, distribusi, dan kualitas tenaga kesehatan.


Saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal di pelosok daerah.


Demi memastikan SDM kesehatan terdistribusi secara adik dan merata maka FK Unika, melalui tridharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Komunitas (KKNK) di Kabupaten Minahasa Selatan. 


Program KKNK merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata.


Program ini dirancang untuk mengintegrasikan mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada mahasiswa.


Pengalaman terkait karir dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi-misi program studi. 


Program KKN komunitas memiliki 3 tujuan utama yaitu:

Pertama: menyediakan sumber daya untuk membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan  kesehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan herbal untuk medis, layanan sosial.


Kedua: membantu kapasitas dinas kesehatan dan Puskesmas untuk meningkatkan kinerja dan  efektivitas mereka secara keseluruhan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.


Ketiga: memberikan mahasiswa kedokteran FK Unika Soegijapranata pengalaman belajar terapan yang berharga dengan menghubungkan mereka dengan peluang di komunitas yang menghadapi kesenjangan kesehatan masyarakat dan masalah sosial-ekonomi lainnya yang  berdampak pada kesehatan. 


Program KKN Komunitas adalah program inovatif FK Unika Soegijapranata yang memiliki tujuan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dengan berfokus langsung pada penanganan masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas yang kurang terlayani, yang memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK.


Bupati Franky Donny Wongkar SH, menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kerjasama ini, terlebih melihat besarnya kebutuhan tenaga medis di Kabupaten Minahasa Selatan.


Turut hadir dan mendampingi Bupati FDW dalam Audiensi tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Benny V. J. Lumingkewas; Kepala Dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten Kab. Minahasa Selatan, dan Kabag. Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O. Yonathan, S.STP dan dengan Tim FK Unika Soegijapranata yang diwakili oleh dr Indra Adi Susianto, MSi. Med, Sp.OG (Dekan); dr Fransiska P. Hardimarta, MSi. Med (Ka. Progdi); Perigrinus H Sebong, MPH (Programer FL-KKN Komunitas); dr. Vania Angeline Bachtiar, Sp.N (sekretaris Satgas Persiapan KKN).



Penulis: Steven Paat



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.