Header Ads

Pemkab Minsel - BPJS Tandatangan Nota Kesepakatan Perluasan Program JKN



Minsel, ESC - BPJS Kesehatan Cabang Tondano bersama Pemerintah Daerah 

Kabupaten Minahasa selatan (Minsel) lakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dalam upaya perluasan kepesertaan dan peningkatan kepatuhan penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (07/6/2022).


Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar (FDW), dalam sambutannya menyatakan bahwa penandatanganan Nota Kesepakatan antara BPJS Kesehatan dan Pemda Minahasa Selatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Daerah dalam hal optimalisasi program JKN dan merupakan tindaklanjut dari dikeluarkannya Instruksi Bupati Minahasa Selatan Nomor 07 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Minsel pada bulan Mei lalu.


“Penandatanganan Nota Kesepakatan ini adalah bentuk dukungan kami agar Program JKN dapat berjalan dengan baik khususnya di wilayah Kabupaten Minsel, salain itu juga merupakan upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan mensinergikan fungsi para pihak yang didasarkan saling membantu,” ungkap Bupati FDW.



Bupati FDW melanjutkan bahwa melalui penandatanganan Nota Kesepakatan ini, akan dipastikan upaya maksimal atara Pemda Minsel dan BPJS Kesehatan dalam peningkatan perluasan kepesertaaan, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kepatuhan dan penegakan hukum serta implementasi pengenaan sanksi administratif, juga kerja sama lain yang disepakati.


“Kami akan memastikan pembuatan prosedur terkait pengurusan kepesertaan Program JKN bagi Peserta di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, menyediakan informasi mengenai 

proses pendaftaran kepesertaan juga mendukung upaya penegakan kepatuhan peserta Prorgam JKN dengan pendampingan pemeriksaan kepatuhan kepada peserta yang tidak patuh dan melanggar ketentuan Program JKN,” tutur Bupati FDW.

Dalam kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut, Pemkab Minsel beserta BPJS Kesehatan telah menjadwalkan kegiatan forum koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan lembaga pemeriksaan dan pengawasan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan setiap triwulan selama tahun 2022 sampai dengan tahun 2023 yang tercantum dalam Rencana Kerja lampiran dari Nota Kesepakatan.


Nara Grace Ginting, selaku kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano sangat mengapresiasi atas dukungan yang besar dari pemkab Minsel untuk ikut serta mewujudkan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat di Minahasa Selatan.


“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan atas terlaksananya penandatanganan Nota Kesepakatan ini, dengan Nota Kesepakatan ini, kami yakin penyelenggaraann Program JKN di kabupaten Minahasa Selatan akan berjalan dengan baik dan terarah,” tutup Grace. 



(IKP/Diskominfo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.