Header Ads

Rizya Ganda Davega Ingatkan Asupan Gizi Sehat Cara Ibu-ibu Desa Makalisung Cegah Stunting

Penyerahan susu dan makanan sehat bagi ibu dan anak Desa Makalisung.(ist)

MINUT, ESC-First Lady Minahasa Utara Ny. Rizya Ganda Davega menghadiri kegiatan Penanganan Stunting Kabupaten Minahasa Utara yang dilaksanakan di Desa Makalisung, Kecamatan Kema, Jumat 24 Juni 2024.


Bunda Rizya dalam kunjungannya itu mengatakan penanganan Stunting saat ini perlu dilakukan mendesak, melalui intervensi gizi spesifik.


"Dan gizi sensitif pada sasaran 1.000 hari pertama kehidupan dari anak, sejak di kandungan sampai berusia 23 bulan," kata istri tercinta Bupati Minahasa Utara ini.


Kata Rizya, melihat kondisi stunting di masyarakat saat ini, perlu fokus dan terarah dalam pencegahan dan penurunan stunting. 


"Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan dan penurunan stunting, yaitu; Perbaikan Terhadap Pola makan, kedua Pola Asuh, ketiga Perbaikan Sanitasi Dan Akses Air Bersih," ujarnya juga adalah Ketua TP-PKK Minahasa Utara. 


Oleh Karena itu menurutnya kesehatan membutuhkan peran semua sektor dan tatanan masyarakat. 


"Jika tidak ada usaha dan upaya kita semua, stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa," ujarnya lagi 


Dia mengajak semua pihak satukan tekad dalam percepatan menurunkan stunting, yakni dengan adanya komitmen kepemimpinan daerah, adanya kampanye perubahan perilaku.


"Adanya konvergensi, konsolida si program sampai ke masyarakat. Adanya ketahanan masyarakat, dan pangan dan gizi di adanya pemantauan dan evaluasi secara rutin dan terpadu oleh kita semua," kuncinya. Iketahui tidak hanya mengkampanyekan stop stunting, Rizya Ganda Davega juga menyerahkan sejumlah bantuan susu dan donasi bagi ibu menyesui di desa tersebut.


Hadir dalam kegiatan juga dalam kegiatan ini Camat Kema, Hukum Tua Desa Makalisung dan warga masyarakat serta ibu-ibu menyusui di Desa Makalisung.



Penulis: DeWa




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.