Header Ads

Sistem Transaksi Pemkab Minut Berbasis Digital, 7 SKPD Segera Pakai QRIS

Bupati Joune Ganda SE melaksanakan Penandatanganan Kesepakatandengan PT Buana media Teknologi 

MINUT, ESC--Bupati Joune Ganda SE melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dengan PT Buana media Teknologi, di Rewaya Hills hari ini Rabu 1 Juni 2022.


Dalam sambutannya, Bupati Joune mengatakan pemerintah Minahasa Utara berterimakasih dengan adanya PT Buana Media Teknologi.


"Karena dengan hadirnya teknologi akan mempercepat dan tentunya lebih akuntebel. Sehingga perubahan dari yang sebelumnya menjadi seperti nantinya apa yang kami harapkan dengan menggunakan QRIS, akan lebih efektif dan efisien tentu itu yang menjadi sasaran kita," ujar Bupati Joune.



Namun ia berpesan sosialisasi dan metode dan tatacara penggunaannya benar-benar tersampaikan dan diajarkan. 


"Agar jangan sampai kita beralih ke teknologi QRIS malah menghambat dengan tidak bisa mengoperasikan," ujarnya lagi.



Lanjutnya, dibanyak negara bahkan dibeberapa kabupaten/kota di Indonesia sudah melaksanakan atau menjalankan teknologi ini. Sehingga tidak perlu kita ragukan. 


"Kita juga akan memulai dengan Cashless transaksi tanpa uang tunai dan kita berharap makin lama masyarakat di edukasi tidak lagi menggunakan uang tunai walaupun kita akan lakukan secara bertahap," harapnya.



"Kedua saya harapkan kerjasama ini dapat di follow up cepat karena biasanya yang menjadi kendala diawal menggebu-gebu setelah tandatangan mandek atau semangatnya berkurang. Yang kita ingin capai bukan MOU-nya tapi yang ingin kita capai adalah realisasinya," sambungnya.


Selain itu, diharapkan MOU ini diikuti dengan Time Line Progres. 


"Lebih baik mengambil sampling contoh uji tiru di beberapa dinas dari pada mengambil semua tapi tidak jalan. Bahkan lebih luas lagi kepeleyanan masyarakat, Saya rasa jika di Pasar kita bisa lakukan QRIS dengan situasi Pandemi saat ini akan lebih relevan traksaksi tidak lagi menggunakan uang tunai," tuturnya.


Ditempat yang sama Kaban Keuangan Carla A Sigarlaki SSTP MSi menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan yaitu sebagai upaya mendukung percepatan implementasi transaksi pendapat dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital.


"Kedua meningkatkan transparansi transaksi pengelolaan keuangan daerah ketiga meningkatkan pendapatan asli daerah," ungkapnya.


Soal ruang lingkup kerjasama sosialisasi kegiatan dilaksanakan pemkab Minahasa Utara dan pengembangan digitalisasi ekosistem di wilayah Pemkab Minahasa Utara. 


"Sosialisasi edukasi penerapan pembayaran PAD meliputi pajak daerah dan pendapatan retribusi daerah. Peserta kegiatan yang hadir 7 SKPD pengelola PAD dan retribusi badan pengelola keuangan dan pendapatan daerah, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Perhubungan, SatPoPP dan Kebakaran, Dinas Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja dan UMKM dan RSUD Maria Walanda maramis," jelasnya.


Direktur PT Media Teknologi Gede Mahartapa,, mengatakan semoga semangat pemandangan ini bisa terus berlanjut. 


Dijelaskannya, perusahaan ini sudah berdiri sejak 2003 di mulai dengan aplikasi internet banking pertama di Indonesia.


"Aplikasi kami adalah aplikasi uang elektronik. Namun kami sudah berkembang sejak 2003 yang menyenangkan kegiatan itu. Dan mendapat ijin di tahun 2011. Hingga saat ini status perusahaan masih PMDM dalam negeri. Sementara aplikasi uang elektronik saat ini banyak sudah Penanaman modal asing. Jadi kami perusahaan 100% masih dalam negeri," jelasnya.


Dikatakannya, pihaknya diberikan penghargaan oleh Bank Indonesia yaitu Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang paling aktiv membantu pemerintah. 


"Karena sifatnya traksaksi kami adalah non tunai dan tanpa biaya. Jadi semua retribusi dari masyarakat kepada pemerintah tidak dikenakan biaya sama sekali. Kini kami sudah melayani 9 kabupaten/kota diuar Gorontalo di Sulut satu-satunya dan pertama kali kami dengan Minahasa Utara," kuncinya.


Diketahui hadir dalam kegiatan Sekda Minut Revino Dondokambey, Direktur PT Buana Media Teknologi Pak Gede Mahartapa, Merchant Relation Bapak Martikno dan Pak Juddy berserta jajaran. Para SKPD lingkup Pemkab Minahasa Utara, dan pejabat teras lainnya.(*)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.