Header Ads

Bold Riders Gorontalo Bagikan 130 Paket Daging Kurban di Dua Desa, Gunakan Bentor

 

GORONTALO,editorialsulut.com – Pada momen Iduladha 1443 H, komunitas sepeda motor yang tergabung dalam Bold Riders Gorontalo menggelar kegiatan sosial bertajuk 'Kita Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang' berupa pembagian 130 paket daging kurban kepada warga di dua desa menggunakan bentor alias becak motor pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Koordinator Bold Riders Gorontalo Mokhamad Robby Hidayat mejelaskan dua lokasi yang menjadi wilayah distribusi daging kurban, yaitu Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dan Desa Lamahu Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.

Menurut Robby, penggunaan bentor dalam pembagian daging kurban menunjukkan ciri khas daerah berjuluk _Bumi Serambi Madinah_ itu. "Bentor merupakan salah satu alat transportasi khas di Kota Gorontalo dengan jumlah yang cukup besar," ujarnya selepas membagikan daging kurban.


Selain itu, daging kurban yang dibagikan kepada warga tidak dibungkus menggunakan plastik, tetapi menggunakan daun pisang dan daun jati. Robby mengatakan, hal itu sebagai upaya komunitas mengurangi penggunaan sampah plastik sekaligus sarana edukasi untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.

Robby menambahkan, pemotongan hewan kurban ini dapat terealisasi berkat program Kolaborasi KITA (Komunitas Indonesia Timur Area) dan donasi para anggota komunitas. "Di sini umumnya masyarakat berkurban dengan sapi, kambing cukup jarang, jadi teman-teman di komunitas sepakat iuran terkumpul dijadikan satu, ditambah bantuan dari program Kolaborasi KITA," ungkapnya.

Kegiatan sosial, lanjut Robby, telah menjadi program rutin sejumlah klub motor yang tergabung dalam Bold Riders Gorontalo. Selain pembagian daging kurban, beberapa aksi sosial yang telah dilaksanakan di antaranya donor darah dan donasi ke panti asuhan.

Terkait donor darah, Bold Riders telah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo sejak 2019. Dalam setahun, anggota Bold Riders melaksanakan 4 kali donor darah, yaitu pada momen Hari Kemerdekaan Gorontalo, Hari Lahir Pancasila, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan Hari Sumpah Pemuda.

"Bahkan pada 2021, Bold Riders Gorontalo mendapat penghargaan dari PMI sebagai pendonor sukarela terbanyak untuk kemanusiaan dengan jumlah 1.400 kantong darah," ujar Robby. 

Pada 10 Juni 2022 lalu, Bold Riders Gorontalo juga menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Leato berkolaborasi dengan TNI, Kepolisian dan Pemerintah Kota Gorontalo dalam rangka memperingati hari jadi Komando Daerah Militer XIII/Merdeka (Kodam XIII/MDK) Ke-64.

Ada pun klub motor yang tergabung dalam Bold Riders Gorontalo berjumlah 18 komunitas dengan anggota lebih dari 500 orang, di antaranya Yamaha Vixion Club Indonesia Gorontalo Chapter (YVCI-G), Yamaha Vixion Club Indonesia Kab. Gorontalo Chapter (YVCI-DM), X-Rider Yamaha Indonesia ( XYI-G), Honda Street Fire Club Indonesia (HSFCI-G), CBR Club Indonesia Gorontalo (CCI-G), Honda Sonic 150R Owner Indonesia (HSOI-G), Honda PCX Club Indonesia Gorontalo Chapter (HPCI -G), dan Fighter Indfependent Max Community Gorontalo (FIMAC-G).

Kemudian ada juga Suzuki Riders F150 Club Pengda Gorontalo (SRFC-G), Yamaha Vixion Club Indonesia Kab. Gorontalo Utara Chapter (YVCI-GU), Fino Owners Indonesia Chapter Limboto (FOI-Limboto), X-Rider Yamaha Indonesia Limboto Region (XYI-Limboto), Ninja Owners Club Gorontalo (NOC-G), Honda Beat Club Gorontalo (HBC-G), Maxi Family Indonesia Gorontalo Utara (MFI-GU), Maxi Family Indonesia Limboto (MFI-L), Celebes Vixion Club Kab. Gorontalo (CVC-Kab. Gorontalo), dan Ninja Riders Club Gorontalo (NRC-Gorontalo).

KITA Berbagi 2022, Tebar 637 Hewan Kurban Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pada KITA Berbagi 2022, Kolaborasi KITA mengusung konsep gerakan ramah 

lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik seperti besek, daun jati, daun pisang, dan bahan ramah lingkungan lainnya sebagai tempat daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat sekitar.

Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan. Data ini adalah jumlah sementara dan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan. (Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.