Header Ads

Membumikan Pancasila, JPM se Sulut Dibekali BPIP


Manado, BLITZ—Menjaga hakekat nilai-nilai Pancasila, di negara ini perlu melibatkan multi sektor. Hal ini yang menjadi dasar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI memberi pembekalan bagi calon Jejaring Panca Mandala (JPM) di 15 Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara (Sulut), Senin-Kamis (11-14/7/2022) di Hotel Luwansa Manado. 

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar mengatakan, dengan hadirnya JPM di Sulawesi Utara diharapkan dapat memberikan partisipasi semua elemen dalam merumuskan arah dan langkah bangsa ini yang berlandaskan Pancasila. Makanya, melalui materi dan pembekalan bagi calon JPM se Sulut akan optimal membuat Pancasila harus makin membumi dan menjadi barometer semua lapisan masyarakat untuk mengetahui nilai-nilai Pancasila. 

“Ini merupakan agenda pertama bagi JPM di wilayah sulawesi dan Sulut yang pertama memiliki JPM di semua kabupaten/kota,” ungkap Siregar yang juga ketua panitia penguatan pembinaan ideologi Pancasila JPM Provinsi Sulut. 

Antonius Benny Susetyo, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP menjabarkan, mengenai Pancasila sudah menjadi karakter bangsa yang perlu terus dipertahankan. 

Sesudah itu, Pemateri Dr. Muhammad Sabri, M.Ag., Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila membawakan materi mengenai historitas Pancasila. “Pancasila lahir dari founding fathers yang merumuskan nilai-nilai kehidupan yang disatukan dengan nama Pancasila,” tandas Sabri.

Ada sejumlah narasumber yang ikut menguatkan JPM Sulut diantaranya,

Prof. Dr. H. Agus Moh. Najib, S.Ag., M.Ag., Direktur Analisis dan Penyelarasan (Daring). Dr. Mahnan Marbawi, M.A., Plt. Direktur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan

M. Akbar Hadiprabowo, S.H., M.H. Direktur Sosialisasi dan Komunikasi

Sadono Sriharjo, S.T., M.M. Prof. Eko Prasodjo, Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. Dr. Irene Camelyn Sinaga, AP., M.Pd., Direktur Jaringan dan Pembudayaan

Toto Purbiyanto, S.Kom., M.Ti., Direktur Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila.

Diketahui, JPM Sulut sudah memiliki keterwakilan dari unsur pemerintah, pengusaha, akademisi, ormas, dan media. Untuk JPM Minut yakni Alain Beyah, Lilly Lengkong, Marcel Maramis, Joutje Dengah, dan Risky Pogaga.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.