Header Ads

Desa Budo Raih Juara 1 ADWI 2022 Kategori Digital dan Kreatif, Joune Ganda: Ini Keberhasilan Semua Masyarakat Minut



Jakarta -.Prestasi demi prestasi terus diukir Pemkab Minahasa Utara (Minut) dibawa kepemimpinan Bupati Joune Ganda. Terbaru, Pemkab Minut melalui Desa Budo Kecamatan Wori berhasil meraih meraih Juara 1 Kategori Digital dan Kreatif Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 atau ADWI 2022, Minggu (30/10/2022) malam di Jakarta.


Pemberian penghargaan kepada sejumlah desa wisata terbaik ini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Bupati Minahasa Utara Joune Ganda pun tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Kemenpraf atas penghargaan tersebut. 


"Terima kasih kepada pihak Kemenpraf atas penghargaan ini," ujar Joune Ganda. 


Dirinya mengatakan, penghargaan ini merupakan keberhasilan Pemkab Minut dalam menggenjot sektor pariwisata sehingga bisa dikenal di tingkat nasional maupun internasional.


"Ini keberhasilan semua masyarakat Minut," tambah Joune Ganda.


Apalagi menurut Joune Ganda, bahwa Desa Budo merupakan satu satunya perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.


"Desa Budo satu-satunya perwakilan Sulawesi Utara yang masuk dalam daftar tersebut," ujar Joune Ganda. 


Diketahui, Malam Puncak ADWI 2022 ini merupakan penganugerahan kepada desa wisata-desa wisata terpilih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan Desa Wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno belum lama ini. 


Kegiatan Visitasi dan penilaian 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022 telah selesai dilaksanakan pada 15 Oktober 2022. 


Visitasi berakhir di Desa Wisata Saba Budaya Baduy Kabupaten Lebak Banten yang merupakan desa ke-50 dan menjadi penutup rangkaian visitasi ADWI 2022. 


Setelah dilakukannya visitasi, rangkaian berlanjut dengan proses penjurian akhir oleh para Dewan Juri Profesional ADWI 2022 pada pekan ketiga Oktober 2022. Ada 7 kategori penilaian, yakni 

daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. Selain itu, akan ada pemenang 3 klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.