Header Ads

Masyarakat Melonguane Mengeluhkan Harga BBM Yang Mahal

 


Talaud,editorialsulut.com - Situasi yang sekarang masih melemahnya sektor perekonomian di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, di antaranya para nelayan tradisional. 

Keterangan dari opo lao / hukum tua Desa Sawang Kecamatan Melonguane pada umumnya masyarakat berprofesi sebagai Nelayan, dan sebagian warga berprofesi sebagai Petani, hal ini di karenakan karna letak geografis yang berada di pinggiran pantai. 


Kendala  para nelayan saat ini yakni apabila ada gelombang  tinggi, hal ini membuat mereka tidak bisa melaut, selanjutnya masalah BBM yg masih tergolong mahal yakni Sebesar Rp15.000/ liter. 

Saya juga  selalu menghimbau kepada para nelayan untuk tetap menjaga keselamatan dengan melihat situasi yang ada karna masih ada keluarga yg menunggu di rumah. Apabila cuaca tidak bersahabat sebaiknya tidak melaut karena sangat beresiko lebih baik menunggu sampai situasi membaik. 

Adapaun keterangan Nelayan an. HARI POSUMAT  Desa Sawang : 

Bahwa untuk kegiatan kami selaku nelayan sampai dengan saat ini tergantung cuaca, apabila cuacanya bagus maka kami akan melaut, namun bila cuaca buruk maka kami lebih memilih untuk istirahat. 

Saya melaut keluar rumah pukul 02.00 wita (dini hari) dan kembali pukul 16.00 ( sore) wita, kurang lebih 14 jam. 

Untuk hasil menyesuaikan, kadang hasil banyak kadang pula hanya sedikit bahkan juga pulang ke rumah dengan tidak ada hasil. 

Hasil ikan kami langsung kami jual kepada masyarkat dengan membawanya ke pasar. 

Kendala kami sebagai nelayan yakni masih mahalnya BBM, karna di jual seharga Rp. 15.000/liter. 

Keterangan Nelayan Sdr. JUARSON TAHULENDING bahwa


Buktinya, nelayan  tradisional di Kampung Sawang, Kecamatan Melonguane,Kepl Talaud mendapat bantuan dari seorang donatur yang tak ingin namanya dipublikasikan memberikan bantuan kepada para nelayan berupa bahan pokok untuk menopang kebutuhan hidup keluarga. Dengan adanya bantuan  sembako,  kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak donatur. 

Dan kiranya kami nelayan akan meningkatkan perekonomian di sektor perikanan di Sulawesi Utara.

Semoga kami nelayan di Nusa Utara dapat meningkatkan perekonomian khusus di sektor perikanan bagi nelayan yang ada di kepulauan Talaud Sulawesi Utara.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.