Header Ads

PT Cargil Persero Raih Perhargaan Dari Gubernur Olly di Hari K3 Nasional



Minsel, ESC - Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) menjadi hal yang harus diutamakan di setiap perusahan maupun industri lainnya untuk menghindari kecelakaan kerja. 


Bulan K3 diperingati ditanggal 12 Febuary sebagai bulan hari keselamatan kerja dan hari ini PT Cargil Persero yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Selatan mengadakan satu kegiatan dan pameran K3 yang dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE, Selasa (14/02/2023).


Dalam kegiatan memperingati bulan K3 Nasional yang dilaksanakan di PT Cargil tersebut mengusung tema " Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha disetiap Tenaga Kerja". 


Gubernur Sulut saat membacakan sambutan Kementrian Ketenaga Kerjaan menyampaikan," K3 hal yang wajib yang harus diikuti oleh seluruh perusahan yang ada di Sulut, harus dipatuhi serta dijalankan supaya tidak terjadi kecelakaan kerja," Ungkap Olly saat membaca sambutan. 


Lanjut Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan, K3 akan berpengaruh pada produkvitas dari setiap usaha, untuk itu keselamatan kerja harus menjadi poin utama yang harus diperhatikan. 


"Pemerintah Indonesia mendukung dan berperan aktif dalam program K3 juga pada kerangka kerja, prinsip prinsip dan hak hak mendasar International Labour Organization (ILO) hingga disahkan menjadi Resolusi dalam sidang ketenagakerjaan Internasional ke 110 di Jenewa Pada Juni 2022, hingga Indonesia mengakui bahwa  K3 merupakan salah satu bagian dari Hak Asasi Manusia," Tutup Olly. 


Pemerintah melalui kementrian ketenagakerjaan telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja. 


Sementara itu Arief Susanto selaku Government Relations Director PT. Cargil saat ditemui Awak Media ini menyampaikan, kami dari Perusahan ini sangat menjunjung tinggi akan hal keselamatan kerja dan melakukan hal hal yang menjadi prioritas keamanan dalam bekerja, karna kami mengutamakan prosedur dari K3. 


"Memang dalam pekerjaan memiliki resiko, tetapi dalam penerapan kerja di perusahan kami tak lepas dari pemberian edukasi keselamatan kerja juga disetiap area kerja memiliki tanda peringatan untuk keselamatan karyawan hingga dapat diterapkan dengan baik oleh pekerja, karna kami mengutamakan Safety," Ucap Susanto. 


Setiap tahun PT. Cargil diseluruh dunia sendiri selalu mendedikasikan di setiap minggu untuk memperkuat komitmen terhadap keselamatan dan kesehatan  kerja serta kami berperan dalam keselamatan melindungi lingkungan yang kami sebut " Zero Harm Week". 


Lebih dari itu Susanto juga menambahkan selain keselamatan kerja, kesehatan juga tak kalah penting di PT. Cargil, "Dalam pandemi dua tahun terakhir kami melindungi semua karyawan dan keluarganya dengan memberikan bantuan pelayanan medis dan perlindungan diri, serta mengimplementasikan Protokol Kesehatan sesuai panduan dari Pemerintah, tutup Susanto. 



Diwaktu yang sama Imelda Tandako selaku Plant Manager PT. Cargil Indonesia mengatakan, perusahan kami memiliki kesatuan yang selalu aktif dalam program program internal perusahan dalam memberikan edukasi dan pencegahan untuk perlindungan keselamatan, kesehatan karyawan bersama keluarga daru Virus HIV serta rangkaian pemeriksaan atau Valontary Counseling and Tasting (VCT). 


"Hari ini kami sangat bangga dan terhormat, ternyata buah komitment kami mendapat pengakuan dari pemerintah lewat pemberian penghargaan yang kami terimah untuk program penanganan Covid-19, pencegahan dan penanganan HIV/AIDS ditempat kerja dan BPJS kesehatan," Ungkap Imelda. 


Imelda juga menambahkan yang menjadi prioritas hingga kami PT. Cargil bisa memperoleh ini semua, itu karna dukungan dan komitmen bersama dari seluruh karyawan hingga kami bisa mendapat penghargaan dan pujian karna ini merupakan kerja keras kami hingga boleh mendapat semua itu, tutup Imelda. 


Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan sejumlah penghargaan kepada perusahan yang ada di Kabupaten/Kota Se Minahasa selatan, salah satu penghargaan yakni Zero Accident atau penghargaan  kecelakaan nihil. 


Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, Wakil Bupati Petra Yani Rembang, Kadisnaker Provinsi, Sekda Minsel, Kadis PUPR, Kadisnaker Minsel, Kadis SatpolPP, dan Perwakilan Perusahan Kabupaten/Kota.




Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.