Header Ads

Rakor Penanganan Inflasi Daerah, Pemkab Minsel Zoom Bersama Kemendagri



MINSEL, ESC - Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH beserta jajaran mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara Virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI, bertempat di Kantor Bupati Minahasa Selatan yang turut hadir bersama unsur FORKOPIMDA Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (10/04/2023). 


Mengawali rakor tersebut, Tito Karnavian mengatakan, dalam rangka meningkatkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlidungan masyarakat menghadapi hari raya Idul Fitri 1444 H, terdapat 6 kebijakan Kemendagri yakni: 


Pertama, dukungan kelancaran arus mudik dan balik lebaran terutama posko Pemda gabung dengan posko Forkompinda;

Kedua, kesiapsiagaan pemadam kebakaran dan Satpol PP serta dinas kebersihan;

Ketiga, pengaturan dan kesiagaan untuk tempat wisata (kebun binatang, pantai, taman kota);

Keempat, pengaturan pasar tumpah agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas;

Kelima, pengamanan lingkungan terutama menjaga rumah kosong yang ditinggal mudik; dan

Keenam, pemerintah daerah agar siaga dalam mengantisipasi bencana (alam dan non alam), termasuk mengecek angkutan laut harus menyediakan pelampung untuk penumpang. 


Direktur Statistik Harga Dr. Windhiarso Putranto  mengatakan, komoditas utama yang memengaruhi perubahan indeks perkembangan harga (IPH), pada minggu pertama April 2023 yakni beras dan telur  merupakan dua komoditas yang memberi andil kenaikan harga, IPH beras mengalami kenaikan di 42 kab/kota, dan penurunan di 73 kab/kota, sementara IPH telur ayam ras mengalami kenaikan di 42 kab/kota serta penurunan di 23 kab/kota, sehingga penurunan terbesar berada di komoditas cabai merah terjadi di 221 kab/kota. 


Kemudian dalam Paparan  Deputi III Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan, dukungan aksi dan kebijakan pemerintah daerah untuk pengendalian inflasi pangan menjelang hari lebaran yakni : 


Pertama, pemantauan penyaluran bantuan pangan CBP beras bekerja sama dengan pimwil Perum Bulog;

Kedua, pasokan dan harga pangan di lapangan;

Ketiga, kerjasama antar daerah, satgas pangan polri dan instansi lain;

Keempat, pelaksanaan gerakan pangan murah;

Kelima, penguatan cadangan pangan pemerintah daerah; dan

Keenam, dukungan pemda kepada Perum Bulog dalam penyerapan gabah atau beras saat panen raya. 


Pemerintah Kabupaten Mimahasa Selatan secara rutin mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di daerah yang digelar pada setiap minggunya melalui Zoom Meeting yang dilaksanakan serempak diseluruh Indonesia dipimpin Kemendagri RI Tito Karnavian, dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Kementrian Pertanian Dr. I Ketut Kariyasa, Direktur Statistik Harga Dr. Windhiarso Putranto, Deputi III Badan Pangan Nasional (Bapanas) Dr. Andriko Noto Susanto, Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga Syailendra, Staf Ahli Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Keuangan Brigjen TNI Eko Nur Santo, Satgas Pangan Polri, Tata Usaha Negara (Jamdatun), dan para Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia, dan semua Stekholder yang terkait pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.