Header Ads

Ketua DPRD Manado Aaltje Dondokambey Pimpin Paripurna LKPJ Walikota

 


Manado,editorialsulut.com - DPRD Kota Manado, menggelar paripurna penyampaian  terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) wali kota tahun anggaran 2022, dipimpin Langsung oleh Ketua Dra. Aaltje Dondokambey.

"Hari ini Kami telah menyampaikan apa yang menjadi rekomendasi DPRD, setelah membahas pada pekan lalu," kata Aaltje Dondokambey, di ruang rapat paripurna DPRD Manado. 


Sekretaris DPRD, Drs. Herry Saptono, membacakan surat masuk di lembaga tersebut, sebagai pemberitahuan sudah diterima.

Usai pembacaan surat masuk, selaku pimpinan sidang, ketua DPRD menyilakan legislator Herry Kolondam, SH, Komisi IV dari fraksi PDIP untuk menyampaikan rekomendasi dari empat komisi yang sudah membahas LKPJ tersebut. 


Kolondam menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah, antara lain, agar para kepala perangkat daerah mulai dari dinas, badan, kepala bagian dan camat, agar lebih baik lagi penggunaan anggaran, agar tidak ada sisa lebih anggaran. Pencapaian kinerja perangkat daerah sudah 95 persen dan perlu diapresiasi. 

Kemudian pemerintah kota Manado, diminta memasukan semua catatan dari BPK ke komisi, kemudian harus mempercepat proses perizinan harus memangkas jalur-jalur birokrasi antara instansi teknis. Pemerintah juga harus mengajak instansi vertikal lainnya, dalam rangka mengangkat PAD terutama dari sektor BPHTB. 

Kemudian harus menginventarisir masyarakat penerima bantuan, apakah sudah tetap sasaran atau tidak, dan berdasarkan monitor saat ini sedang dilakukan. Juga diminta mengevaluasi kepala perangkat daerah yang belum optimal dalam bekerja. 


Kemudian ada juga rekomendasi khusus dari DPRD kepada pemerintah yang dimulai dari Bapenda yang harus meningkatkan kerja mulai dari penagihan retribusi secara manual sampai digital, menindak tegas oknum yang menagih secara ilegal dan termasuk memantau apakah sudah melakukan kewajiban menyetor PAD atau belum dan ternyata sudah dilakukan. 

 Kemudian mendorong agar pasar tematik segera dioperasikan. Kemudian menaikan anggaran terutama yang meningkatkan usaha kecil masyarakat, kemudian optimasilisasi, intensifikasi dan ekstensifikasi pajak. 

Sementara Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang, mewakili wali kota, menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang sudah membahas LKPJ dan mengatakan akan meneruskan rekomendasi kepada wali kota, untuk diteruskan kepada seluruh perangkat daerah di Manado.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.