Header Ads

Momen Hardiknas, Bupati Franky: Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar



MINSEL, ESC - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Bupati Minsel, Selasa (02/05/2023). 


Upacara peringatan Hardiknas tahun 2023 kali ini bertemakan “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” ini, dirangkaikan juga dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 (Otda XXVII) serta Apel Kebangsaan Pemkab Minsel. 


Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH (FDW) selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023. 


“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ungkap Bupati FDW menyampaikan sambutan Menteri. 



Lebih lanjut disampaikan Bupati FDW, dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir, tentunya dunia pendidikan dapat merancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar. 


“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini,” kata Bupati. 


Pak Bupati yang yang humbel dan dicintai masyarakat Minsel ini menambahkan, Perjalanan ini harus dilanjutkan dan perjuangan mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar- benarnya dalam belajar dan bercita-cita. 


“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” pungkas Bupati. 


Sesudah Upacara masih di tempat yang sama dilangsungkan penyerahan piagam penghargaan Sekolah Sehat, Guru Penggerak, Video Guru Mengajar Berprestasi, Kepala Sekolah Mengajar Berprestasi, Ucapan Hari Guru SD 2022, Ucapan Hari Guru SMP 2022, Perwakilan Polisi Cilik, Lomba Mewarnai PAUD, Bimtek Guru PAUD terbaik dan Partisipasi Pengembangan Kebudayaan. 


Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Ibadah Syukur di Aula Waleta Dalam Rangka Hari OTDA XXVII dan Hardiknas 2023 di Waleta yang dipimpin oleh khadim oleh ibu Pdt. Stien Rondonuwu, M.Th ; Ketua FKUB Minsel dan Sebagai Koordinator Bidang Pekerja dan Pelsus Sinode GMIM 


Setelah selesai ibadah, dilanjutkan dengan Peragaan Pocil (waleta) serta Penyerahan Piagam Penghargaaan Pocil juga performance TARI NUSANTARA (SMP N 1 Amurang) dan TARI MAENGKET (SMP N 2 Amurang) dilanjutkan dengan  Lomba Senam Sicita dan Lomba Menu Sehat (Non Beras Non Terigu) di Waleta.




Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.