Header Ads

Lapas Kelas IIA Tuminting Tuan Rumah Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 Secara Virtual

 


Manado,editorialsulut.com - Seluruh lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), mengikuti upacara hari bakti pemasyarakatan ke-59, yang jatuh pada 2 Mei, di lapas Kelas II A Manado, Selasa. 

Dalam peringatan hari bakti pemasyarakatan tersebut, seluruh jajaran mendengarkan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Dr. Yasona Laoly, yang antara lain mengatakan, hari bakti dilaksanakan sebagai wujud syukur  sekaligus sebagai momentum untuk mengukuhkan kembali apa yang akan menjadi komitmen jajaran dalam mencapai tujuan Pemasyarakatan.


Laoly mengatakan, pada hari ini kita menjadi saksi bersama, bahwa apa yang dahulu dicita-citakan olehpara founding fathers sampai saat ini istiqomah kita kawal untuk mencapai tujuan luhur Beringin Pengayoman.

"Takkan ada Pemasyarakatan, jika tidak ada Beringin Pengayoman, begitu pula tidak akan sempurna Beringin Pengayoman tanpa Pemasyarakatan. Keduanya berkelit-kelindan untuk saling menguatkan, menyempurnakan, sehingga Kemanusiaan yang Adil dan Beradab serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia bukan hanya menjadi cakrawala, namun menjadi sebuah titik tuju yang bangsa ini akan sampai disana. Amin," lanjutnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, Dr. Ronald Lumbuun, mengatakan pada 2 Mei 2023 telah dilaksanakan puncak pelaksanaan hari bakti pemasyarakatan ke 59, dan di Sulut dilaksanakan di Lapas Kelas II A Manado, yang dihadiri Forkompimda, seperti Kajati Sulut, Kepala PT Manado, Kepala Perwakilan Ombudsman, serta Perwakilan dari Kapolda dan Gubernur diwakili Karo Hukum. 

Dia mengatakan, acara juga dirangkaikan dengan dua acara lainnya, yakni memperkenalkan sarana asimilasi dan edukasi di Lapas Manado, diantaranya peternakan ayam kampung, dan diharapkan bisa bermanfaat sesudah melaksanakan pembinaan. 


"Kemudian kami juga melakukan pemusnahan barang-barang bukti, 80 HP dan Miras yang ditemukan di Lapas Manado, dan sudah dilakukan, karena memang tidak seharusnya ada di tempat ini," katanya. 

Dia mengatakan, selain di Lapas Manado, bulan lalu juga dilaksanakan di Lapas kelas II B, Tondano, dan selaku kepala kantor wilayah, mendorong para Ka UPT khususnya pemasyarakatan agar menyumbang dalam hari bakti pemasyarakatan ke 59 ini. 


Sementara Kalapas Manado, Maruliye Tampubolon, SH, MH, mengatakan, akan melaksanakan semua yang sudah disampaikan oleh Kakanwil dengan harapan akan memberikan manfaat bagi para wargan binaan setelah menyelesaikan masa pembinaan.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.