Header Ads

Bulan Intervensi Stunting, Pemdes Pungkol Giatkan Posyandu Kepada Ibu Hamil dan Balita


Minsel, ESC - Pemerintah Desa Pungkol Kecamatan Tatapaan Kabupaten Minahasa Selatan dengan tegas mendukung program pencegahan stunting yang dipublikasikan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehatan dan UPTD Puskesmas Tatapaan, dengan melaksanakan kegiatan Posyandu kepada Ibu hamil dan Balita juga Lansia, Selasa (11/06/2024).


Program gerakan INTERVENSI SERENTAK Pencegahan STUNTING ini merupakan upaya bersama untuk mengatasi masalah stunting yang dapat berdampak pada pertumbuhan balita.


Melalui posyandu juga Bulan Intervensi Stunting, masyarakat dapat mendapatkan akses lebih mudah terhadap layanan kesehatan berkala, termasuk pemeriksaan kesehatan rutin bagi balita dan ibu hamil. Dengan adanya kegiatan posyandu yang dilaksanakan secara berkala di beberapa desa di kecamatan, kontrol kesehatan masyarakat dapat lebih terjamin dan tersebar merata.


Posyandu ini merupakan Program Nasional yang bertujuan mencegah peningkatan angka kematian Ibu dan bayi saat kehamilan,persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat desa, peningkatan kualitas Kesehatan masyarakat serta penanganan stunting.


Kegiatan Posyandu di Desa Pungkol dilaksanakan setiap bulan sekali dengan mengikuti jadwal pelaksanaan dari Puskesmas Kecamatan Tatapaan untuk melayani pemeriksaan kesehatan masyarakat yaitu Ibu hamil,balita,remaja dan lansia juga ada pemberian susu dan makanan tambahan untuk pemenuhan gizi bahkan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.


Pj Hukum Tua Desa Pungkol Reelke Rantung, ketika ditemui media ini mengatakan, Kegiatan Posyandu ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi tujuan utama yaitu mencegah Stunting juga pencegahan angka kematian Ibu dan bayi serta tercapainya kualitas kesehatan masyarakat Desa.


"Kegiatan posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan gizi pada bayi dan balita juga mengetahui tumbuh kembang pada anak, serta pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil dan Lansia. Tak lupa juga dengan memberikan makanan tambahan berupa susu,telur dan kacang ijo," jelas Rantung.


Rantung berharap, masyarakat dapat bekerja sama dalam mendukung setiap Program pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk menekan angka Stunting lewat kegiatan Posyandu agar para ibu hamil dan anak balita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan serta dapat diberikan edukasi. Penanganan stunting adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tugas Pemerintah saja tapi juga peran serta masyarakat bersama elemen Pemerintahan Desa, tutupnya.


Selain Posyandu pemeriksaan kepada Lansia Pemdes Pungkol menyediakan obat yang di danai dari DD 2024, melalui pemeriksaan kesehatan dari tim Nakes Puskesmas Tatapaan.


Sesuai data dari Kader Posyandu Desa Pungkol Jumlah balita yang datang ke posyandu hari ini berjumlah 32 Balita dan 4 Ibu Hamil. Dan melalui kinerja dari Kader dan Tim nakes Posyandu untuk Stunting di desa kami dari 3 Balita sekarang tinggal dua.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.